Laporan Tanggap Darurat Pasca Banjir Jabodetabek oleh Tim Kemanusiaan Rodja Peduli 2020

Banjir yang melanda wilayah Jabodetabek di awal tahun 2020 ini menimbulkan kesedihan yang cukup besar bagi warga. Transportasi umum lumpuh, rumah tergenang, dan kerugian material pun banyak dialami oleh warga.

Tidak sedikit pula warga yang akhirnya mengungsi ke daerah yang lebih aman. Rumah-rumah mereka juga dipenuhi air dan lumpur. Dalam kondisi seperti itu, mereka tentu saja sangat membutuhkan bantuan.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap bencana banjir Jabodetabek ini, maka Radio Rodja 756 AM dan Rodja TV menyalurkan bantuan awal sebesar Rp 100.000.000 sebagai upaya penanggulangan pasca banjir. Bantuan tersebut merupakan amanah dari para pendengar Radio Rodja 756 AM dan pemirsa Rodja TV. Tim Rodja Peduli dibantu oleh anggota tim dari lembaga-lembaga yang berada di bawah naungan Yayasan Cahaya Sunnah seperti DKM Masjid Jami’ Al-Barkah, Solidaritas Insan Peduli, dan yang lainnya.

Bantuan diwujudkan dalam bentuk pengadaan bahan makanan cepat saji, air mineral, makanan bayi, biskuit, dan yang lainnya. Tim relawan Rodja Peduli juga menyediakan bantuan berupa peralatan mandi, alas tidur darurat, alat dan bahan kebersihan kepada para korban banjir.

Tim relawan Rodja Peduli membentuk POSKO di Masjid Jami Al-Furqon yang beralamat di Jl. Raya Vila Nusa Indah II Blok Z, Desa Bojong Kulur, Kec. Gn. Putri, Bogor, Jawa Barat 16969 (https://maps.app.goo.gl/ZmnQeEGRJkj8t46w5).

POSKO tersebut dibentuk untuk memudahkan koordinasi dan distribusi penyaluran bantuan. Adapun wilayah penyaluran bantuan sementara baru dilakukan di sekitar wilayah Kecamatan Gunungputri Kab. Bogor dan Kecamatan Jatiasih Kab. Bekasi.

Hingga hari ini, Ahad 5 Januari 2020, bantuan masih terus disalurkan ke rumah para korban banir. Bantuan akan terus diberikan kepada masyarakat sembari melihat situasi dan kondisi pasca banjir. Kegiatan bakti sosial pengobatan untuk korban banjir pun diselenggarakan untuk memberikan pengobatan kepada warga pasca banjir. Karena didapati beberapa warga mengalami luka-luka dan juga memerlukan pemeriksaan kesehatan.

Jazakumullahu khairan kami sampaikan kepada kaum muslimin yang sudah ikut berpartisipasi dalam program kemanusiaan ini. Semoga infak bantuan yang Anda berikan dapat memberikan manfaat dan mampu menghapus kesedihan saudara-saudara kita yang tertimpa musibah banjir.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top